Langsung ke konten utama

Cara beli reksadana

Ada 2 cara untuk melakukan pembelian reksadana. Cara pertama ialah langsung pada manager investasi reksadana, sedangkan cara yang kedua melalui agen penjual reksadana.

Cara pertama membeli langsung pada manager investasi biasanya dilakukan dengan cara kita membaca prospektus, mengisi formulir, kirim melalui melalui fax beserta bukti transfer, kemudian kita telepon untuk konfirmasi kepada manager investasi kemudian baru pembelian reksadana diproses. Proses pembelian reksadana dilakukan sebelum jam 13 jika, dana diterima sesudah jam 13.00 maka pembelian akan diproses hari berikutnya.

Cara yang lebih praktis ialah cara kedua yaitu melalui agen penjual reksadana.
Bank yang juga menjadi agen reksadana misal:
- Bank Mandiri
- Bank Commonwealth
- Bank UOB Buana
- BII
- Citibank
- OCBC NISP
- Bank Danamon
- Bank Cimb Niaga,Dll

Untuk pembelian reksadana di Bank Mandiri dilakukan melalui customer service. Kita diminta untuk mengisi profil investor, kemudian memilih reksadana, tanda tangan dokumen dan nanti dana untuk pembelian di debet dari rekening kita. Bank mandiri juga melayaniinstallment plan yaitu dana secara otomatis didebet dari rekening kita untuk pembelian reksadana yang kita pilih setiap bulan. Dengan installment plan kita tidak perlu ke customer service mandiri tiap bulan untuk melakukan pembelian reksadana.

Pembelian reksadana di Bank Commonwealt dapat dilakukan melalui internet banking, dengan catatan kita mengaktifkan fasilitas internet banking di rekening commonwealth. Untuk pembelian pertama kita diharuskan melalui customer service, karena harus mengisi profil pemodal dan data data serta tanda tangan untuk pembelian reksadana. Tapi untuk pembelian selanjutnya dapat dilakukan melalui internet banking.

Saya lebih memilih pembelian melalui bank commonwealth karena minimum pembelian yang lebih rendah dari bank mandiri, dan dengan fasilitas internet banking bank commonwealth kita bisa memantau jumlah perkiraan jumlah dana yang diinvestaikan dengan mudah.

Oh ya minimum pembelian reksadana melalui bank berkisar 500.000 rupiah
Tarif dan biaya bank commonwealt lihat http://commbank.co.id/upublic/mod_home/default_content.aspx?code=pe_feescharges

Komentar